Minggu, September 05, 2010


Better Than Gratis
[Terjemahan: Rusia Cina, Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Portugis, Spanyol, Turki]

Internet adalah sebuah mesin fotokopi. Pada tingkat yang paling dasar, itu salinan setiap tindakan, setiap karakter, setiap pikiran kita membuat sementara kami naik di atasnya. Untuk mengirim pesan dari salah satu sudut dari internet ke yang lain, permintaan protokol komunikasi yang seluruh pesan disalin sepanjang jalan beberapa kali. Perusahaan IT membuat banyak uang dengan menjual peralatan yang memfasilitasi menyalin ini terus-menerus. Setiap bit data yang pernah diproduksi di komputer manapun akan disalin di suatu tempat. Ekonomi digital dengan demikian dijalankan pada sungai salinan. Tidak seperti yang diproduksi secara massal reproduksi dari usia mesin, salinan ini tidak hanya murah, mereka bebas.

jaringan komunikasi digital kami telah direkayasa sehingga salinan sebagai gesekan aliran dengan sesedikit mungkin. Memang, salinan mengalir begitu bebas kita bisa memikirkan internet sebagai sistem super-distribusi, dimana setiap salinan diperkenalkan akan terus mengalir melalui jaringan selamanya, seperti listrik dalam kawat superkonduktif. Kita melihat bukti tentang hal ini dalam kehidupan nyata. Setelah apa yang dapat disalin dibawa ke dalam kontak dengan internet, akan disalin, dan mereka tidak pernah meninggalkan salinan. Bahkan anjing tahu Anda tidak bisa menghapus sesuatu sekali itu mengalir di internet.



Sistem distribusi super-telah menjadi dasar ekonomi kita dan kekayaan. The instan reduplikasi data, ide, dan mendasari semua media ekonomi sektor utama dalam perekonomian kita, terutama mereka yang terlibat dengan ekspor - yaitu orang industri di mana AS memiliki keunggulan kompetitif. kekayaan kami duduk di atas sebuah alat yang sangat besar yang salinan sembarangan dan terus-menerus.

Namun putaran sebelumnya kekayaan dalam perekonomian ini dibangun pada penjualan salinan berharga, sehingga arus bebas salinan bebas cenderung untuk merusak tatanan mapan. Jika reproduksi dari upaya terbaik kami bebas, bagaimana kita bisa terus? Singkatnya, bagaimana caranya membuat uang menjual salinan gratis?

Saya punya jawabannya. Cara paling sederhana saya bisa menempatkannya demikian:

Ketika salinan super berlimpah, mereka menjadi tidak berharga.
Ketika salinan adalah super berlimpah, hal-hal yang tidak dapat disalin menjadi langka dan berharga.

Ketika salinan bebas, Anda perlu menjual hal-hal yang tidak dapat disalin.

Nah, apa yang tidak dapat disalin?

Ada beberapa sifat yang tidak dapat disalin. Pertimbangkan "kepercayaan." Kepercayaan tidak dapat disalin. Anda tidak dapat membelinya. Kepercayaan harus diperoleh, dari waktu ke waktu. Hal ini tidak dapat didownload. Atau pura-pura. Atau palsu (setidaknya untuk panjang). Jika segala sesuatu yang lain adalah sama, Anda akan selalu lebih suka berurusan dengan seseorang yang bisa Anda percaya. Jadi kepercayaan adalah tidak berwujud yang meningkatkan nilai di copy jenuh dunia.

Ada sejumlah kualitas lain yang serupa dengan kepercayaan yang sulit untuk menyalin, dan dengan demikian menjadi berharga dalam ekonomi jaringan. Saya pikir cara terbaik untuk memeriksa mereka tidak dari mata produsen, pabrikan, atau pencipta, tetapi dari mata pengguna. Kita dapat mulai dengan pertanyaan pengguna sederhana: mengapa kita pernah membayar apa pun yang kita bisa gratis? Ketika orang membeli versi dari sesuatu yang mereka bisa dapatkan secara gratis, apa yang mereka beli?

Dari studi saya tentang ekonomi jaringan saya melihat sekitar delapan kategori nilai intangible yang kita beli ketika kita membayar sesuatu yang bisa bebas.

Dalam arti sebenarnya, ini adalah delapan hal-hal yang lebih baik daripada bebas. Delapan uncopyable nilai. Saya menyebutnya "generatives." Nilai generatif adalah kualitas atau atribut yang harus dibangkitkan, tumbuh, dibudidayakan, dipelihara. Hal generatif tidak dapat disalin, kloning, palsu, ditiru, dipalsukan, atau direproduksi. Hal ini dihasilkan unik, di tempat, dari waktu ke waktu. Dalam arena digital, kualitas generatif nilai tambah bagi salinan bebas, dan karena itu adalah sesuatu yang bisa dijual.

Delapan Generatives Better Than Gratis

Kedekatan - Cepat atau lambat Anda dapat menemukan salinan bebas dari apa pun yang Anda inginkan, tetapi mendapatkan salinan dikirim ke kotak masuk Anda saat itu dirilis - atau bahkan lebih baik, diproduksi - oleh penciptanya merupakan aset generatif. Banyak orang pergi ke bioskop untuk melihat film pada malam pembukaan, di mana mereka akan membayar harga yang lumayan untuk melihat film yang nantinya akan tersedia secara gratis, atau hampir gratis, melalui sewa atau download. buku Hardcover perintah premi untuk kedekatan mereka, menyamar sebagai penutup lebih keras. Pertama sejalan sering perintah dengan harga ekstra untuk barang yang sama. Sebagai kualitas sellable, kedekatan memiliki banyak tingkatan, termasuk akses ke versi beta. Fans dibawa ke dalam proses generatif itu sendiri. versi Beta sering de-berharga karena mereka tidak lengkap, tetapi mereka juga memiliki sifat generatif yang dapat dijual. Kedekatan adalah istilah relatif, yang sebabnya generatif. Hal ini agar sesuai dengan produk dan penonton. Sebuah blog memiliki rasa waktu yang berbeda dari film, atau mobil. Namun kedekatan dapat ditemukan dalam media apapun.

Personalisasi - Versi generik rekaman konser mungkin bebas, tapi jika Anda ingin salinan yang telah diatur untuk suara yang sempurna di ruang khusus tamu Anda - seolah-olah itu preformed di kamar Anda - Anda mungkin bersedia membayar banyak. Salinan bebas dari buku kustom dapat diedit oleh penerbit untuk mencerminkan latar belakang sebelumnya Anda membaca sendiri. Sebuah film gratis Anda mungkin membeli dipotong untuk mencerminkan nilai yang Anda inginkan (tanpa kekerasan, bahasa kotor oke). Aspirin adalah gratis, tapi aspirin disesuaikan dengan DNA Anda sangat mahal. Sebanyak mencatat, personalisasi memerlukan percakapan antara pencipta dan konsumen, artis dan fan, produser dan pengguna. Hal ini sangat generatif karena berulang-ulang dan memakan waktu. Anda tidak dapat menyalin personalisasi yang merupakan hubungan. Pemasar panggilan yang "lengket" karena itu berarti kedua sisi hubungan terjebak (diinvestasikan) dalam aset generatif, dan akan enggan untuk beralih dan memulai kembali.

Interpretasi - Sebagai lelucon lama berjalan: perangkat lunak bebas. Manual, $ 10.000. Tapi itu lelucon. Beberapa perusahaan profil tinggi, seperti Red Hat, Apache, dan lain-lain membuat hidup mereka melakukan hal itu. Mereka memberikan dukungan dibayar untuk perangkat lunak bebas. Salinan kode, karena bit saja, bebas - dan menjadi berharga untuk Anda hanya melalui dukungan dan bimbingan. Saya menduga banyak informasi genetik akan pergi rute ini. Sekarang mendapatkan salinan DNA Anda sangat mahal, tetapi segera itu tidak akan. Bahkan, perusahaan farmasi akan segera MEMBAYAR Anda untuk mendapatkan urutan gen Anda. Jadi salinan urutan Anda akan bebas, tetapi interpretasi tentang apa artinya, apa yang dapat Anda lakukan, dan bagaimana menggunakannya - manual untuk gen Anda sehingga untuk berbicara - akan mahal.

Keaslian - Anda mungkin bisa ambil kunci perangkat lunak aplikasi gratis, tapi bahkan jika Anda tidak membutuhkan manual, Anda mungkin ingin memastikan hal itu adalah bug bebas, handal, dan dijamin. Anda akan membayar untuk keaslian. Ada hampir tak terhingga banyaknya variasi dari Grateful Dead kemacetan di sekitar; membeli versi asli dari band itu sendiri akan memastikan Anda mendapatkan yang Anda inginkan. Atau bahwa memang benar-benar dilakukan oleh Dead. Seniman telah berurusan dengan masalah ini untuk waktu yang lama. Grafika reproduksi seperti foto dan litograf sering datang dengan cap artis keaslian - tanda tangan - untuk menaikkan harga salin. watermarks tanda tangan digital dan teknologi lainnya tidak akan bekerja sebagai skema perlindungan salinan (salinan adalah cairan super-melakukan, ingatlah), tetapi? mereka dapat melayani sampai kualitas generatif keaslian bagi mereka yang peduli.

Aksesibilitas - Kepemilikan sering menyebalkan. Anda harus menjaga hal-hal yang Anda rapi, up-to-date, dan dalam kasus bahan digital, didukung. Dan di dunia ini mobile, Anda harus membawanya bersama Anda. Banyak orang, termasuk aku, dengan senang hati akan ada orang lain cenderung "harta kita" dengan berlangganan kepada mereka. Kami akan membayar Acme Digital Gudang untuk melayani kita setiap tune musik di dunia, kapan dan tempat yang kita inginkan, serta setiap film, foto (kami atau fotografer lainnya). Ditto untuk buku dan blog. Acme punggung semuanya, membayar pencipta, dan memberikan kita keinginan kita. Kita bisa menyeruputnya dari telepon kami, PDA, laptop, layar besar dari mana-lamanya. Fakta bahwa sebagian besar bahan ini akan tersedia gratis, jika kita ingin cenderung itu, kembali ke atas, terus mengembangkannya, dan mengatur itu, akan kurang dan kurang menarik pada waktu berjalan.

Perwujudan - Pada intinya copy digital tanpa tubuh. Anda dapat mengambil salinan gratis kerja dan membuangnya di layar. Tapi mungkin Anda ingin melihatnya dalam hi-res di layar besar? Mungkin di 3D? PDF baik-baik saja, tapi kadang-kadang enak untuk memiliki kata yang sama dicetak di atas kertas kapas putih terang, bersampul kulit. Rasanya enak sekali. Bagaimana dengan tinggal di favorit Anda (gratis) permainan dengan 35 orang lain di ruang yang sama? Tidak ada akhir untuk perwujudan yang lebih besar. Tentu saja, hi-res dari hari ini - yang mungkin menarik pemegang tiket ke teater besar - dapat bermigrasi ke home theater Anda besok, tapi akan selalu ada tampilan baru gila teknologi besar bahwa konsumen tidak akan memiliki. Laser proyeksi, layar hologram, yang holodeck itu sendiri! Dan tidak ada yang diwujudkan seperti halnya musik secara live, dengan tubuh nyata. musik ini gratis; kinerja tubuh mahal. Formula ini dengan cepat menjadi salah satu umum untuk tidak hanya musisi, tetapi juga penulis. Buku ini bebas; waktu bicara tubuh mahal.

Patronase - Ini adalah keyakinan saya bahwa penonton MAU untuk membayar pencipta. Fans ingin penghargaan seniman, musisi, penulis dan sejenisnya dengan tanda apresiasi mereka, karena memungkinkan mereka untuk terhubungkan. Tapi mereka hanya akan membayar jika sangat mudah dilakukan, jumlah yang masuk akal, dan mereka merasa tertentu uang langsung akan menguntungkan pencipta. percobaan terbaru Radiohead's tinggi profil dalam membiarkan fans membayar mereka apa yang mereka inginkan untuk salinan bebas merupakan ilustrasi yang sangat baik dari kekuatan patronase. Sambungan, sulit dipahami tidak berwujud yang mengalir antara penggemar menghargai dan artis adalah sesuatu yang berharga. Dalam kasus Radiohead's itu sekitar $ 5 per download. Ada banyak contoh lain dari penonton membayar hanya karena merasa baik.

Findability - Sedangkan kualitas generatif sebelumnya berada dalam karya-karya digital kreatif, findability merupakan aset yang terjadi pada tingkat lebih tinggi dalam agregat dari banyak karya. Harga nol tidak membantu perhatian langsung bekerja, dan bahkan kadang-kadang dapat menghalangi itu. Tapi tidak peduli apa harga, bekerja tidak memiliki nilai kecuali dilihat; karya temukan tidak berharga. Ketika ada jutaan buku, jutaan lagu, jutaan film, jutaan aplikasi, jutaan semuanya meminta perhatian kita - dan sebagian besar bebas - yang ditemukan adalah berharga.

Agregator raksasa seperti Amazon dan Netflix membuat hidup mereka di bagian dengan membantu penonton menemukan karya mereka cintai. Mereka membawa kabar baik dari ekor "panjang" fenomena, yang kita semua tahu, menghubungkan penonton dengan produksi niche niche. Tapi sayangnya, ekor panjang hanya berita baik untuk agregator raksasa, dan lebih besar tingkat menengah agregator seperti penerbit, studio, dan label. Ekor "panjang" hanya berita hangat untuk pencipta sendiri. Tapi karena findability benar-benar dapat hanya terjadi di tingkat sistem, pencipta perlu agregator. Inilah sebabnya mengapa penerbit, studio, dan label (PSL) tidak pernah akan hilang. Mereka tidak dibutuhkan untuk distribusi dari salinan (mesin internet apakah itu). Tepatnya PSL diperlukan untuk distribusi perhatian pengguna 'kembali ke bekerja. Dari lautan kemungkinan yang PSL menemukan, memelihara dan memperbaiki karya pencipta yang mereka yakini akan menghubungkan dengan penggemar. intermediet lain seperti kritik dan tinjauan juga menyalurkan perhatian. Fans bergantung pada piranti ini multi-tingkat findability untuk menemukan karya-karya dari zillions layak diproduksi. Ada uang yang akan dibuat (secara tidak langsung untuk kreasi) dengan menemukan bakat. Selama bertahun-tahun publikasi kertas TV Guide membuat lebih banyak uang daripada semua dari 3 jaringan TV besar itu "petunjuk" gabungan. Majalah dipandu pemirsa dan menunjuk ke hal yang baik pada tabung minggu itu. Stuff, perlu dicatat, yang bebas ke penonton. Ada sedikit keraguan bahwa selain agregator mega-, di dunia dari banyak PDLs bebas akan membuat uang menjual findability - di samping kualitas generatif lainnya.

Kedelapan kualitas memerlukan keahlian baru. Sukses di copy-bebas dunia tidak berasal dari kemampuan distribusi sejak Salin Mesin Besar di Sky mengurus itu. Juga merupakan keterampilan hukum di sekitar Kekayaan Intelektual dan Hak Cipta sangat berguna lagi. Juga merupakan keterampilan penimbunan dan kelangkaan. Sebaliknya, ini delapan baru generatives permintaan pemahaman tentang bagaimana pola pikir kelimpahan breeds berbagi, bagaimana kemurahan hati itu adalah sebuah model bisnis, betapa pentingnya hal itu telah menjadi untuk menumbuhkan dan memelihara kualitas-kualitas yang tidak dapat direplikasi dengan mengklik mouse.

Singkatnya, uang dalam ekonomi jaringan tidak mengikuti jalan dari salinan. Melainkan mengikuti jalur perhatian, dan perhatian memiliki sirkuit sendiri.

Hati-hati pembaca akan mencatat satu tidak mencolok sejauh ini. Saya telah mengatakan apa-apa tentang periklanan. Iklan secara luas dianggap sebagai solusi, hampir solusi HANYA, ke paradoks bebas. Kebanyakan solusi yang disarankan saya lihat bagi mengatasi bebas melibatkan beberapa ukuran iklan. Saya rasa iklan hanya salah satu jalan yang membutuhkan perhatian, dan dalam jangka-panjang, mereka hanya akan menjadi bagian dari cara-cara baru uang dibuat menjual bebas.

Tapi itu cerita lain.

Di bawah lapisan berbusa iklan, ini akan memasok delapan generatives nilai untuk salinan bebas di mana-mana, dan membuat mereka iklan untuk layak. Generatives ini berlaku untuk semua salinan digital, tetapi juga terhadap beberapa jenis salinan mana biaya marjinal salinan yang mendekati nol. (Lihat esai saya di Teknologi Wants To Be Free) Bahkan industri bahan. Adalah menemukan bahwa biaya duplikasi mendekati nol, sehingga mereka juga akan berperilaku seperti salinan digital. Maps hanya melewati ambang itu. Genetika adalah untuk. Gadget dan peralatan kecil (seperti ponsel) merosot seperti itu. Farmasi yang sudah ada, namun mereka tidak ingin orang lain tahu. Biayanya tidak membuat pil. Kami membayar untuk Keaslian dan kecepatan dalam narkoba. Suatu hari kita akan membayar untuk Personalisasi.

Mempertahankan generatives adalah jauh lebih sulit dari duplikasi salinan di sebuah pabrik. Masih banyak belajar. Banyak untuk mencari tahu. Write kepada saya jika Anda melakukannya.
Simak
Baca secara fonetik
Kamus - Lihat kamus yang lebih detail

Tidak ada komentar:

Posting Komentar